| 28 Agustus 2014 | 0 Comments |

Antispam Bee, recommended by AmazingLight.info :-)

Tags: , , , , , , , , ,

Category: Domain & Hosting, Gratisan, Software, Web

Assalaamu’alaikum wr wb..

Mau berkoar lagi nih 😀

Ceritanya begini, blog ini kan saya pake wordpress self hosting, mungkin karena saking terkenalnya blog ini (menyombongkan diri 😉 ) sehingga banyak yang kirim spam pada bagian komentar. Spam yang masuk komentar ini lumayan banyak setiap hari, kalau dibuat rerata mungkin 40-60 spam per hari.

Hampir setiap hari saya moderasi spam ini dan akhirnya kewalahan juga 🙁 . Kemudian saya putuskan menggunakan plugin captcha untuk membatasi spam, sudah beberapa jenis plugin yang saya gunakan dan hasilnya spam tetap berhasil masuk. Alih-alih menghalangi masuknya spam, eh malah sepertinya si plugin ini yang justru menjadi jalan masuk spam (aneh ya).

Lalu saya coba menggunakan yang namanya Akismet, pada awalnya memang terlihat mantap nih plugin. Sudah beberapa bulan pake Akismet dan suatu ketika saya mendapat sebuah kiriman email dari hosting bahwa pemakaian space saya melebihi batas yang saya sewa, waddduuuuhh…. Saya masuk ke dasbor hosting saya dan benar, space yang saya gunakan melebihi batas…

Saya periksa penggunaan space untuk website saya tidak ada masalah (masih tidak sampai setengah), tetapi kenapa melebihi space???? Setelah dicek kembali, ternyata database wordpress saya mengalami obesitas sampai hampir 40 MB. Saya lakukan cek sekali lagi dan ternyata ada salah satu tabel dari database wordpress ini yang ukurannya luar biasa, yaitu tabel wp_commentmeta.

Setelah browsing beberapa waktu saya dapati kesimpulan bahwa penyebab bengkaknya ukuran tabel wp_commentmeta adalah karena plugin Akismet… Kemudian browsing lagi untuk ‘menormalkan. tabel tersebut dan berhasil. Namun, beberapa hari berikutnya tabel tersebut bengkak lagi 🙁 dan saya putuskan untuk menonaktifkan Akismet, dan spam pun jadi leluasa masuk 😀 .

Kemudian saya cari plugin lain untuk mengatasi spam ini dan menemukan sebuah plugin gratis dan punya fitur yang cukup baik dibanding Akismet (menurut saya) yaitu Antispam Bee. Cukup install dan aktifkan plugin ini, lakukan beberapa setting sederhana dan hasilnya, mantap! Ada fitur untuk validasi IP pengirim komentar, bisa membaca dalam tabel juga apakah komentar sudah pernah ditandai sebagai spam atau tidak, ada notifikasi lewat email juga, bisa menampilkan jumlah spam yang sudah diblok dan statistik di dasbor wordpress, dan lain-lain…

Karena itu saya rekomendasikan Anda juga untuk mencoba plugin ini bagi yang punya permasalahan seperti saya (pengalaman di atas).

Saya kira cukup dulu, nanti kita sambung lagi, 😉

Wassalaamu’alaikum wr wb..



Leave a Reply