| 6 April 2009 | 1 Comment |

Beberapa Fitur Khusus dari Search Engine Google

Tags: , ,

Category: Tips & Trik, Web


Yang kita tahu secara umum dari search engine Google hanyalah mesin pencarian saja. Namanya juga search engine 😀 , artinya kan mesin pencari… Tetapi sebenarnya ada beberapa firut lain yang dapat dimanfaatkan dari seacrh engine Google ini, di antaranya perhitungan matematika, konversi mata uang dan lain-lain.

Fitur-fitur spesial yang jarang diketahui oleh banyak orang ini sebenarnya (dan tentunya memang sengaja dibuat) sangat bermanfaat untuk membantu beberapa keperluan kita.

Apa saja yang bisa kita lakukan dengan search engine google? Inilah beberapa di anataranya…

  • Perhitungan matematika sederhana
    Mesin pencari google dapat difungsikan sebagai kalkulator karena bisa melakukan perhitungan matematika sederhana seperti penjumlahan, perkalian, pembagian atau pengurangan. Caranya gampang, tinggal ketik angka yang ingin dihitung beserta tanda operasinya dalam kotak pencarian. Misalnya, kita ingin menghitung 5+3*2, ketik angka dan tanda hitungnya di kotak pencarian lalu tekan Enter atau klik tombol search.
  • Konversi mata uang
    Untuk menggunakan fasilitas ini sangat mudah, seperti cara perhitungan matematika di atas, cukup ketik angkanya diikuti tanda mata uang yang ingin dikonversi dari mata uang tertentu di kotak pencarian. Misalnya, 100 USD in IDR, lalu tekan Enter atau klik tombol search.
  • Mengetahui waktu dari kota lain di seluruh dunia
    Cukup ketik time in [nama kota] di kotak pencarian, lalu tekan Enter. Misalnya time in Mecca, dan sebagainya.
  • Konversi unit atau satuan
    Bingung dengan konversi satuan? Gunakan search engine google untuk mengetahui berapa nilai konversinya. Caranya mudah, ketik nilai satuan beserta satuannya diikuti satuan konversinya lalu klik tombol search. Contohnya Anda ingin mengonversi 14 inch menjadi meter, ketik saja 14 inch in meter.

Masih banyak fitur lainnya seperti fasilitas spelling checker dan sebagainya. Silakan dicoba saja sendiri…



Leave a Reply