| 23 Juni 2016 | 0 Comments |

Cara Menggunakan Fungsi Logika “AND” pada Microsoft Excel

Tags: , , , , ,

Category: Office, Tutorial

Fungsi logika biasanya banyak digunakan sebagai perbandingan dari 2 kondisi atau lebih. Ada banyak fungsi logika, di antaranya yang paling banyak digunakan adalah AND, OR dan NOT. Pada matematika juga ada model logika ini yang biasa dilambangkan dengan simbol-simbol tertentu namun dengan aturan yang sama.

Kali ini kita akan bahas bagaimana cara menggunakan fungsi logika AND pada Microsoft Excel. Ya siapa tahu nanti dalam keadaan tertentu mungkin Anda perlu untuk menggunakan fungsi ini. Satu hal yang perlu untuk diketahui tentang aturan dari logika AND ini adalah, kondisi yang dibandingkan harus sama-sama bernilai BENAR agar mendapatkan hasil yang BENAR. Jika ada 1 saja dari kondisi tersebut yang bernilai SALAH maka hasilnya pasti akan SALAH.

Nilai BENAR biasanya dilambangkan untuk sesuatu yang positif, seperti BENAR, TRUE, 1 (satu), ON, HIDUP, dan seterusnya. Sedangkan SALAH biasanya dilambangkan untuk sesuatu yang negatif, seperti SALAH, FALSE, 0 (nol), OF, MATI, dan sebagainya.

Untuk lebih jelasnya coba perhatikan tabel berikut ini:

 

INPUT/KONDISI HASIL
A B F
0 0 0
0 1 0
1 0 0
1 1 1


Nah selanjutnya bagaimana menerapkan fungsi AND ini pada Microsoft Excel? Atau bagaimana rumus untuk menjalankan fungsi logika ini pada Microsoft Excel?

Caranya sangat mudah 😎 , karena logika ini merupakan perbandingan, maka diperlukan juga fungsi lain yaitu fungsi IF() yang akan dikolaborasikan dengan fungsi AND(). Format penulisan perintahnya adalah:

=IF(AND(kondisi1;kondisi2);"Nilai Benar";"Nilai Salah")

Untuk penerapan dan hasilnya, perhatikan contoh #1 seperti pada gambar berikut.

Contoh #1 Fungsi AND pada Microsoft Excel

Contoh lainnya adalah sebagai berikut. Perhatikan narasi ini. Sales akan mendapatkan tambahan upah jika penjualan untuk Produk A terjual lebih dari atau sama dengan 4 dan Produk B terjual lebih dari 7. Maka rumusnya adalah sebagai berikut.

=IF(AND(B4>=4;C4>7);"Dapat Bonus";"Tidak Dapat Bonus")

Contoh #2 Fungsi AND pada Microsoft Excel

Demikian cara menggunakan fungsi logika AND pada Microsoft Excel, selebihnya bisa dikembangkan lagi dengan pola yang sama, misalnya untuk yang memiliki kondisi lebih dari 2. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi kita, sampai jumpa pada bahasan lainnya… 😀



Leave a Reply