CodeIgniter: Kenalan dulu ya…

Assalaamu’alaikum wr wb..

Senang sekali bisa nulis lagi, masih tutorial sih, tapi kali ini tentang sebuah framework PHP gratisan yang banyak digunakan oleh programmer web, CodeIgniter. Versi terakhir CodeIgniter saat tulisan ini dipublish adalah versi 2.2.0.

CodeIgniter merupakan sebuah framework untuk pengembangan aplikasi berupa toolkit yang dapat digunakan untuk mempermudah dalam membangun aplikasi berbasis web menggunakan PHP. Dengan CodeIgniter akan memungkinkan kita untuk mengembangkan aplikasi jauh lebih cepat dari pada melakukan coding seperti biasa.

Meskipun pengembangan aplikasi menjadi lebih cepat, tidak berarti bahwa tidak ada coding sama sekali, justru akan sedikit rumit (kalau tidak paham 😀 ). Tapi tenang saja, insyaa Allah pada tulisan berikutnya kita akan mulai tutorial praktik membuat aplikasi berbasis web sederhana 🙂

Lalu, apakah saya atau Anda perlu menggunakan CodeIgniter?? Nah kalau pertanyaan seperti ini perlu dijawab sendiri aja bro :-D, tetapi paling tidak ada beberapa alasan untuk menggunakan CodeIgniter:

  • Kinerjanya yang luar biasa.
  • Kompatibel dengan berbagai versi PHP dan konfigurasi dari hosting online.
  • Hampir tidak perlu dikonfigurasi (hampir lho ya, hampir, artinya masih ada konfigurasi 😀 ).
  • Coding sesuai keperluan.
  • Coding tidak harus sesuai dengan aturan standar CodeIginter, bahkan bisa digabung antara konsep OOP dan Prosedural –mantap kan? saya sudah praktekin gabungan ini, it’s work! 😉 .
  • Sederhana dan mudah dipelajari, karena dokumentasinya lengkap dan banyak rekan-rekan lain yang memberikan contoh-contoh project berbasis CodeIgniter ini.
  • Masih banyak lagi sebenarnya, dicari sendiri aja ya hehe..

Baiklah, sementara cukup dulu perkenalannya, kita lanjutkan pada tulisan berikutnya tentang apa yang perlu disiapkan sebelum kita praktik, ada juga penjelasan tentang struktur dari sistem CodeIgniter dan konsep MVCnya, insyaa Allah… 🙂

Sampai jumpa, wassalaamu’alaikum wr wb..

Related Posts

About admin 179 Articles
AmazingLight.info Owner

1 Trackback / Pingback

  1. CodeIgniter: Konsep MVC – AmazingLight.info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*