Computer Network, Jaringan Komputer

2 kata yang sudah sering kita dengar dan tidak asing lagi, jaringan komputer memang menarik untuk terus dibahas. Bahkan bahasan tentang jaringan komputer ini sekarang sudah masuk dalam mata pelajaran TIK tingkat SMP seperti yang saya lihat pada buku TIK adik saya yang masih SMP.

Ya, apa dan seperti apa sih sebenarnya jaringan komputer itu? Jaringan komputer adalah sekelompok atau sejumlah komputer yang saling terhubung 1 sama lain dalam lokasi dan area tertentu. Dengan jaringan komputer, maka masing-masing komputer yang terhubung dapat saling berkomunikasi, berbagi pakai dan peralatan serta berbagi pakai saluran komunikasi seperti internet.

Saat ini, jaringan komputer sudah banyak sekali digunakan, di bidang apapun, tidak terlepas bidang pendidikan, di mana lab-lab komputer sekolah pun menggunakan jaringan komputer. Perkantoran, perusahaan, kampus-kampus, dan sebagainya sudah menerapkan dan menggunakan jaringan komputer. Bahkan di rumah-rumah pun sudah ada yang menggunakan jaringan komputer. Tentunya dengan keperluan dan kepentingannya masing-masing.

Guna jaringan komputer
Penggunaan jaringan komputer memang memberikan banyak manfaat, beberapa di antaranya adalah :

  1. Membagi sumber daya (resources sharing)
    Dengan jaringan komputer, kita dapat menggunakan sumber daya komputer secara bersama-sama. Misalnya penggunaan printer, data dan file-file, program aplikasi dan sebagainya. Berbagi pakai saluran komunikasi seperti internet juga merupakan manfaat lain dari jaringan komputer, karena 1 jalur internet dapat digunakan bersama-sama oleh beberapa komputer sekaligus. Ini tentunya dapat meminimalkan penyediaan perangkat dan saluran komunikasi.
  2. Meningkatkan produktivitas
    Yang benar? Karena dapat saling berkomunikasi dan berbagi pakai sumber daya, maka kita tidak lagi terpaku pada 1 komputer saja. Kita dapat mengakses data atau file dan peralatan lain dari komputer manapun dalam jaringan komputer tersebut. Dengan demikian, waktu kita tidak terbuang hanya karena menunggu komputer yang biasa kita digunakan selesai dipakai oleh teman kita.
  3. Meningkatkan faktor keamanan data
    Data-data dapat disimpan atau ‘dipaksakan’ untuk di simpan pada 1 komputer sebagai pusat penyimpanan data, sehingga keamanan data dapat lebih terjamin dan dapat dilakukan kontrol terhadap akses data. Hal ini tentu lebih baik jika dibandingkan dengan penyimpanan data pada masing-masing komputer.
  4. Sarana komunikasi
    Dengan penggunaan beberapa aplikasi tertentu, jaringan komputer dapat digunakan untuk berkomunikasi antarpengguna komputer dalam jaringan. Ini akan lebih memudahkan dalam koordinasi terutama bagi pengguna yang berbeda lokasi (ruangan), daripada harus bertemu langsung atau menggunakan telepon.
  5. Menghemat pembiayaan
    Karena dapat berbagi pakai sumber daya, seperti printer, modem dan lainnya, tentunya akan dapat dihemat pengeluaran untuk membeli perangkat-perangkat tersebut. Mengapa? Ya, kalau 1 alat bisa digunakan bersama-sama, buat apa kita beli banyak? Di sini jelas bahwa dengan jaringan komputer, akan menghemat biaya penggunaan komputer. Tapi ini tergantung juga pada keperluan masing-masing pihak (orang yang menggunakan jaringan komputer).

Apakah jaringan komputer begitu sempurna hingga tidak ada kekurangan atau dampak negatifnya sama sekali? Tentu saja kekurangan dan dampak negatifnya ada, tetapi kalau kita bandingkan dengan manfaatnya, tentu jauh lebih besar manfaatnya, apalagi kalau untuk jangka panjang.

Salah satu ‘sisi negatif’ jaringan komputer adalah perlu mengeluarkan biaya untuk membeli peralatan jaringan tambahan. Selain itu juga perlu kontrol dan perawatan yang baik terhadap komputer-komputer dan peralatan jaringan, mengingat semuanya dapat digunakan dan dipakai bersama-sama dan orang yang menggunakannya pun berbeda-beda 🙂 .

2 bentuk jaringan komputer

Jaringan komputer secara fisik ada 2 bentuk, jaringan kabel dan jaringan tanpa kabel. Jaringan tanpa kabel biasanya disebut juga nirkabel atau wireless. Jaringan kabel mengunakan media komunikasi berupa kabel yang menghubungkan komputer 1 dengan yang lain dalam jaringan. Tipe-tipe kabel yang umum digunakan adalah Coaxial (sudah jarang digunakan), UTP (yang banyak digunakan) dan Fiber Optic (harganya mahal).

Sedangkan jaringan nirkabel (wireless), menggunakan gelombang radio sebagai media komunikasi antar komputer. Jaringan ini tidak terikat oleh tempatdan posisi asalkan masih dalam range (area) gelombang radio jaringan tersebut. Lebih lanjut tentang jaringan kabel dan wireless akan kita bahas pada posting-posting berikutnya.

Sekarang coba kita lihat perbandingan antara jaringan kabel dan jaringan nirkabel.


Jaringan kabel :

  • Biayanya lebih murah
  • Lebih aman dari ancaman penyusupan karena siapapun yang ingin terkoneksi dengan jaringan harus terhubung secara fisik menggunakan kabel
  • Dari sisi fisik, jika tidak diatur dan dikelola dengan baik dapat menyebabkan kesemrawutan kabel di sana-sini
  • Tidak dapat/sulit untuk berpindah-pindah tempat komputer

Jaringan nirkabel :

  • Biayanya relatif lebih mahal (tetapi sekarang sudah mulai murah)
  • Sangat rentan terhadap serangan dan penyusupan karenakoneksi terhadap jaringan dapat dilakukan dari mana pun di area jaringan tersebut
  • Dari sisi fisik terlihat rapi dan tidak ada kabel yang berseliweran
  • Mobilitas dan pergerakan yang baik sehingga komputer dapat dipindah-pindah

Masih banyak perbandingan lain yang mungkin bisa kita dapatkan dan itu sekaligus menunjukkan kepada kita tentang kelebihan dan kekurangannya dari masing-masing.

Cukup untuk posting kali ini, berikutnya akan kita bahas tentang jenis jaringan komputer berdasarkan area cakupannya. tetap di AmazingLight, sampai jumpa…

Referensi :

  • Catatan kuliah Pengenalan Internet, Semester II, STMIK Palangka Raya, 2007/2008.
  • Catatan kuliah Jaringan Komputer, Semester III, STMIK Palangka Raya, 2008/2009.
  • Wahana Komputer Semarang dan Penerbit Andi Yogyakarta, Buku Pintar Penanganan Jaringan Komputer, Andi Yogyakarta, 2001.
  • Tutang dan Kodarsyah, S.Kom, Belajar Jaringan Sendiri, Medikom Pustaka Mandiri, Jakarta, 2001.
  • Henry Pandia, ST., MT., TIK untuk SMP Kelas IX. Penerbit Erlangga, Jakarta, 2006.

Sumber gambar: http://pusdatin.setjen.pertanian.go.id

Related Posts

About admin 179 Articles
AmazingLight.info Owner

1 Komentar

7 Trackbacks / Pingbacks

  1. Network Area | AmazingLight
  2. Sejarah Perkembangan Internet | AmazingLight
  3. JAWABAN TUGAS KKPI XII TAP « blog thefours
  4. JAWABAN TUGAS KKPI XII TAP « maulanasmkn36
  5. Sejarah Perkembangan Internet | anisatia
  6. Topologi Logik Jaringan Komputer | AmazingLight.info
  7. Tipe Jaringan Komputer | AmazingLight.info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*