Layanan-layanan di Internet

Sejak awal perkembangan internet hingga saat ini, semakin banyak pula layanan yang diberikan oleh internet. Untuk mengakses dan memanfaatkan layanan-layanan itu diperlukan program atau aplikasi khusus dan spesifik yang terinstal di komputer sesuai layanan yang ingin dimanfaatkan.

Apa saja sih layanan-layanan yang tersedia di internet? Berikut ini adalah beberapa di antara sekian banyak layanan-layanan internet.

WWW (World Wide Web)

WWW merupakan layanan yang paling populer. Untuk mengakses layanan ini diperlukan aplikasi yang disebut web browser. Contoh web browser adalah Mozilla FireFox, Opera, Netscape Navigator, Internet Explorer dan banyak lagi yang lainnya. Protokol yang digunakan oleh WWW ini adalah HTTP (HyperText Transfer Protocol).

Web sendiri adalah sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, video, audio dan sebagainya yang tersimpan dalam sebuah internet (hosting web server) yang dipresentasikan dalam bentuk hypertext.

Konsepnya adalah menggunakan URL (Uniform Resource Locator) dengan format :

[protokol]:[host].[nama_domain].[grup_domain]

  • [protokol] adalah protokol atau metode yang digunakan untuk mengakses informasi
  • [host] adalah nama standar untuk host yang memberikan layanan akses web
  • [nama_domain] adalah nama yang menunjukkan pemilik situs web, bisa berupa perorangan, perusahaan atau organisasi
  • [grup_domain] adalah kode geografis atau jenis/bidang organisasi pemilik web itu

Contoh URL web adalah, http://www.amazinglight.info

File Transfer

File Transfer memungkinkan para pengguna internet untuk melakukan pengiriman pengiriman (upload) atau penyalinan (download) file-file antara komputer lokal dengan komputer lain yang terhubung dalam jaringan internet. Protokol standar yang digunakan untuk keperluan ini disebut FTP (File Transfer Protocol).

FTP dapat diakses dengan web browser, tetapi memiliki keterbatasan karena hanya dapat mengakses Anonymous FTP Server. Sedangkan untuk mengakses FTP yang khusus, diperlukan aplikasi atau progran yang bernama FTP Client. Contohnya WS FTP, Cute FTP, FileZilla, Windows Commander dan sebagainya.

Konsepnya sama dengan WWW yaitu menggunakan URL. Bedanya hanya pada protokol yang digunakan saja, jika pada web digunakan http://, pada FTP menggunakan ftp://.

Telnet/Remote Login

Telnet adalah layanan yang memungkinkan seorang pengguna internet untuk melakukan remote login ke suatu komputer jarak jauh. Layanan ini mengacu pada program atau protokol yang menyediakan fungsi login ke sebuah terminal (remote host) dalam jaringan internet. Remote Login ini juga memerlukan aplikasi dan program khusus agar dapat digunakan dan dimanfaatkan.

Electronic Mail (Email)

Email, kalau dalam istilah Indonesia adalah surat elektronik. Yaitu sebuah layanan yang memungkinkan seorang pengguna internet untuk saling berkirim pesan melalui alamat elektronik di internet. Email merupakan layanan yang populer dan terus berkembang. Protokol yang digunakan untuk pengiriman email adalah SMTP (Simple Mail Transport Protocol), sedangkan untuk menerima (men-download) email dapat menggunakan protokol POP (Post Office Protocol) atau IMAP (Inernet Message Access Protocol).

Tetapi layanan email yang paling banyak digunakan adalah yang berbasis web atau sering disebut web based email yang dapat diakses melalui halaman web biasa menggunakan web browser.

Perbedaan antara POP, IMAP dan Web based mail insya Allah saya posting pada tulisan lainnya. 😀

Internet Relay Chat (IRC)

IRC adalah layanan komunikasi antara pengguna internet yang bersifat interaktif. Penggunaan layanan ini hampir sama seperti penggunaan telepon suara, bahkan sama dengan penggunaan SMS. Dengan IRC pengguna internet dapat “ngobrol” dengan pengguna lainnya dengan cara mengirim dan menerima pesan berupa teks.

Layanan ini memerlukan aplikasi khusus seperti mIRC dan sejenisnya. Dengan aplikasi tersebut, pengguna masuk ke salah satu server IRC dan “ngobrol” dengan pengguna lain.

Audio/Video Streaming

Streaming adalah layanan yang langsung dapat mengeksekusi atau menjalankan data tanpa harus menunggu selesainya proses pengiriman data. Contohnya adalah layanan video YouTube atau layanan lainnya yang sejenis. Bahkan pada blog dan situs-situs pribadi juga sudah banyak yang memanfaatkan layanan ini untuk berbagai keperluan.

Jadi dengan layanan ini, misalnya, jika ingin menonton cuplikan film, tidak harus men-download dulu baru nonton, tetapi langsung nonton sambil download. Mantap ya… 😀 😀

Interaksi Elektronik

Interaksi elektronik di sini mengacu pada kegiatan-kegiatan interaktif secara online melalui internet. Contohnya adalah kegiatan e-Banking, e-Commerce, e-Business, e-Government, e-Learning dan sebagainya. Kegiatan jual beli melalui internet dan belajar (sekolah) online, transaksi perbankan saat sudah bukan sesuatu yang aneh lagi. Semuanya memanfaatkan sistem elektronis yang interaktif.

Ya… itulah beberapa dari sekian banyak macam layanan yang ada di internet. Sementara cukup dulu ya… 🙂 Kita lanjutkan lagi di posting berikutnya dengan bahasan yang lain…

Referensi :

  • Jhony H. Sembiring, Jaringan Komputer Berbasis Linux, Elexmedia Komputindo, Jakarta, Cetakan Ke-2, 2002.

  • Sugeng Wibowo, Memiliki Situs Web di Internet, E-book, Jakarta, 2007.

  • Catatan kuliah Pengenalan Internet, Semester II, STMIK Palangka Raya, 2007/2008.

Related Posts

About admin 179 Articles
AmazingLight.info Owner

4 Komentar

1 Trackback / Pingback

  1. Mematikan notification dari FaceBook yang memenuhi inbox email | AmazingLight dot Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*