Membaca Al-Quran di HP Tanpa Wudhu

Assalaamu’alaikum wr.wb.

Alhamdulilaah, ketemu lagi ya 😀 Tapi saya tidak menulis kabar baru, hanya rewrite saja dari posting di web lain tentang bagaimana hukum membaca Al-Quran melalui HP tanpa berwudhu.

Memang saat ini teknologi sudah sangat canggih, saking cangihnya sampai-sampai segala sesuatu sekarang ada di HP kita. Apa saja. Peta, buku agenda, jadwal kegiatan, materi kuliah, permainan, video, audio, dll termasuk di dalamnya ada pula teks kitab suci. Ya, Al-Quran bahkan bisa masuk dalam kantong.

Beberapa orang bahkan sebagian besar orang saat ini mungkin ketika membaca Al-Quran tidak lagi memegang mushaf, tetapi memegang HP. Lalu bagaimana hukumnya membaca Al-Quran di HP, bahkan tidak berwudhu sekalipun? Simak penjelasan berikut yang saya ambil dari situs IslamPos dengan perubahan redaksi seperlunya dari saya.

Amaliyah membaca Al-Quran adalah sebuah amaliyah sangat dianjurkan (kalau tidak dikatakan wajib). Para ulama berbeda pendapat tentang hukum membaca Al-Quran di HP tanpa berwudhu, apakah boleh atau tidak. Karena Al-Quran adalah firman Allah SWT. Dan termasuk upaya mengagungkan firman Allah, hendaknya tidak dibaca kecuali dalam kondisi suci.

Adapun membaca Al-Quran dengan membawa mushaf maka disyaratkan suci dari hadats karena memagang mushaf, berdasarkan hadis yang masyhur, “Tidak boleh menyentuh Al-Quran kecuali orang yang suci.” Juga berdasarkan riwayat dari para sahabat dan tabi’in. Maka inilah pendapat mayoritas ulama, bahwa dilarang bagi orang yang berhadats untuk memegang mushaf, baik untuk dibaca maupun untuk tujuan lainnya.

Adapun HP yang berisi konten Al-Quran, tidak bisa dihukumi sebagai mushaf. Karena teks Al-Quran pada peralatan ini berbeda dengan teks Al-Quran yang ada pada mushaf meskipun saat dibaca tetap sama tulisan dan bunyinya. Tidak seperti mushaf yang dibaca, namun seperti vibrasi yang menyusun teks Al-Quran, ketika dibuka. bisa nampak di layar dan bisa hilang ketika pindah ke aplikasi yang lain. Oleh karena itu, pada saat membaca Al-Qur’an boleh menyentuh HP atau kaset yang berisi Al-Quran, sekalipun tidak bersuci terlebih dahulu.

Demikian pula hukum membawa HP yang berisi konten Al-Quran ke dalam toilet/jamban. Karena HP bukanlah mushaf, maka boleh saja dibawa ke dalam toilet asal aplikasi Al-Quran tersebut tidak dalam keadaan terbuka.

Demikian sedikit informasi untuk kita semua. Wassalaamu’alaikum wr.wb.

Catatan: gambar diambil dari GooglePlay

Related Posts

About admin 179 Articles
AmazingLight.info Owner

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*