| 9 September 2010 | 3 Comments |

Membuat screenshot sederhana di Windows tanpa aplikasi tambahan

Tags: , , ,

Category: Tips & Trik

Terkadang kita perlu untuk membuat suatu tampilan dari program yang kita jalankan. Biasa juga diperlukan saat kita ingin membuat suatu petunjuk penggunaan (manual/user guide) atau membuat tutorial. Ada cara-cara tertentu di Windows yang dapat digunakan untuk membuat suatu tampilan (screenshot) tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan seperti SnagIt atau yang lainnya.

Memang akan berbeda jika kita menggunakan software khusus dalam membuat screenshot ini dibanding menggunakan cara standar Windows. Cara standar tidak memungkinkan untuk membuat bentuk-bentuk screenshot yang unik dan khusus. Tetapi sekedar untuk membuat tampilan sederhana, tidak ada salahnya juga untuk mengetahui cara praktis tanpa aplikasi tambahan.

Untuk membuat screenshot sederhana, yang diperlukan hanyalah tombol PrintScreen dan atau Alt+PrintScreen.

Hanya itu saja? Iya.

Jika Anda ingin mengambil tampilan layar keseluruhan yang saat ini sedang terlihat, cukup tekan tombol PrintScreen kemudian Anda paste di Paint atau aplikasi lain seperti MS Office Word dan sebagainya.

Selain itu Anda juga bisa mengambil tampilan jendela yang sedang aktif saja. Hasilnya akan berbeda dengan cara sebelumnya (atas). Bagaimana caranya? Klik jendela yang ingin dijadikan screenshot kemudian tekan tombol Alt+Prinscreen (maksudnya tekan dan tahan tombol Alt kemudian tekan tombol PrintScreen baru lepas keduanya). Selanjutnya silakan paste hasilnya di Word atau aplikasi lain.


Ok, gampang kan caranya? Silakan dicoba



Comments (3)

Trackback URL | Comments RSS Feed

  1. bobo berkata:

    waaaaaa….
    ternyata aku cocox nya ma kamu..kamu..kamu…!!
    udah cari cara buat screenshoot ternyata BERHASILNYA lwt sini…

    hei… thxs ya !!!!!

    … lanjut tuch updatenya…

  2. admin berkata:

    @bobo
    waaaaaaaaaaaa….
    hehe….makasih juga ya udah mampir….

  3. leo berkata:

    Saya tertarik dengan artikel yang anda buat mengenai ” Membuat screenshot sederhana di Windows tanpa aplikasi tambahan ” .

Leave a Reply