| 6 Agustus 2010 | 0 Comments |

Menampilkan ekstensi file di Windows

Tags: , , , ,

Category: Software, Tips & Trik

Pada beberapa kasus kita perlu untuk menampilkan ekstensi file, misalnya untuk mengetahui apa jenis ekstensinya dan diintegrasikan dengan program apa. Selain itu menampilkan ekstensi file dapat juga untuk mendeteksi atau mengetahui apakah file tersebut benar-benar file yang kita punya ataukah file virus atau file lain yang mencurigakan. πŸ™ Karena itu sangat penting untuk menampilkan ekstensi file di windows. Tips berikut ini mungkin bisa bermanfaat untuk diterapkan.

Dengan ditampilkannya ekstensi file, akan terlihat mana file data atau gambar dan mana file program termasuk file virus. Jika kita tidak menampilkan ekstensi file dan hanya menggunakan gambar ikon file sebagai pengenal, maka mungkin saja kita akan terkecoh oleh virus. Benarkah bisa begitu? Ya, boleh jadi kita melihat file dengan ikon gambar JPG atau ikon WORD, padahal sebenarnya itu adalah file virus yang berekstensi EXE. Nah, dengan menampilkan ekstensinya, kita dapat melihat tipe filenya.

Ok, bagaimana cara menampilkan ekstensi di windows???

Misalnya kita punya beberapa file seperti gambar di bawah.



Inilah tips untuk menampilkan file extention di windows. Anda bisa menampilkan file extention-nya melalui beberapa cara. Yang paling mudah adalah melalui Windows Explorer. Caranya gampang, silakan ikuti langkah-langkah berikut.

1, Buka windows explorer

2, Klik Tools >> Folder Options

3, Klik tab View

4, Geser scrollbar di bagian Advanced Settings ke tengah-tengah, hilangkan tanda centang pada opsi Hide extentions for known file types

5, Klik Apply, lalu klik OK. Perhatikan gambar di bawah.

Coba Anda perhatikan perbedaan antara file yang ekstensinya tidak ditampilkan seperti di atas dengan gambar berikut ini yang ekstensi filenya ditampilkan.

Apa perbedaan yang Anda lihat??

<!-adsense_kiri–>Pada gambar terakhir, pada file painting, ikon file tersebut adalah file gambar, tetapi ternyata ekstensinya ganda yaitu .JPG.EXE dan tipenya Application. File ini bukan file gambar tetapi file virus… πŸ™ Hal ini berlaku juga untuk file-file lain seperti file dokumen, audio, video dan sebagainya…

Ok, Anda sudah mengerti pentingnya menampilkan ekstensi file. Untuk menghilangkan tampilan ekstensi file, Anda tinggal memberi tanda centang pada opsi Hide extentions for known file types seperti diatas.

Semoga tips ini bisa berguna..



Comments (0)

Trackback URL | Comments RSS Feed

  1. Nana berkata:

    makasih mas, tipsnya sangat berguna πŸ˜€

Leave a Reply