SIAKAD ‘pengen’ Online

Sekedar berbagi kabar yang mungkin bagi sebagian besar mahasiswa adalah kabar buruk, tapi mungkin juga bagi sebagaian yang lain ini merupakan langkah maju 🙂 Sejak sekitar sebulan lalu sudah dimulai project ‘gila’ oleh saya dan beberapa dosen lainnya untuk membuat sebuah sistem yang nantinya diharapkan bisa online.

Kenapa dikatakan ‘gila’? Karena pengerjaannya dilakukan untuk STMIK Palangkaraya atas dasar kesadaran kami bahwa kita berada pada sebuah Perguruan Tinggi komputer yang sudah seharusnya mempunyai sistem yang dibuat sendiri, oleh orang dalam sendiri, dan sesuai dengan keperluan kita sendiri, bukan dengan menggunakan hasil karya ‘orang lain’.

Sistem ini sebenarnya sudah ditunggu-tunggu lama oleh mahasiswa kita, SIAKAD Online 😀 sehingga dengan begitu segala informasi akademik bisa diakses dari manapun, termasuk dari alam gaib (kalau memang bisa 😉 )…

Dosen/karyawan yang terlibat dalam pengembangan sistem ini adalah:

  • Pak Suparno
  • Pak Rommi Kaestria
  • Mas Heri Setiawan
  • Saya sendiri, Muhammad Erfan dan
  • Pak Yan Friskantoni (lagi sibuk 😀 )

Aplikasi ini kami beri nama SIAKAD ‘pengen’ Online,karena pengennya ya begitu, online.Progress sistem yang sudah kami selesaikan adalah pada bagian Manajemen Data meskipun masih belum selesai sempurna, diantara yang sudah dikerjakan adalah pada modul untuk administrator sistem seperti Manajemen Data Agama, Data Prodi, Data Matakuliah, Data Dosen, Data Mahasiswa, Data Institusi dan Pejabat Akademik (AKMA) termasuk di dalamnya fasilitas filter data seperti pada framework Yii. Namun sistem ini dikerjakan secara prosedural (bukan menggunakan framework) dengan bahasa script PHP dan basisdata MySQL.

Berikut adalah beberapa capture dari sistem tersebut.

Semoga dengan posting ini bisa muncul berbagai masukan (tidak untuk kritikan 😀 ) dari semua pihak utamanya dari mahasiswa, adapun yang kami ingin ketahui lebih lanjut adalah, seperti apa sih sistem yang diinginkan oleh mahasiswa khusus pada modul mahasiswa? Sebagai contoh mahasiswa ingin agar bisa mengubah data diri seperti alamat dll, atau ingin mengetahui histori (riwayat) kuliah dirinya selama ini, atau lainnya.

Silahkan kirimkan masukan ke alamat email saya di muhammad651[at]gmail[dot]com atau ke amazing_light[at]yahoo[dot]com (ganti [at] dengan @ dan [dot] dengan . (tanda titik)).

Sampaikan masukan dalam bentuk cerita atau logika atau skema atau desain proses atau yang lainnya, oke….??? Kami tunggu masukan dari kita semua…

Salam 🙂

Related Posts

About admin 179 Articles
AmazingLight.info Owner

2 Komentar

  1. wah moga project ini bisa berjalan dengan lancar dan selesai dengan sempurna, moga dalam SIAKAD pengen Online ini juga tersedia fitur untuk KRS onlinenya juga yang telah dinanti nanti oleh banyak mahasiswa mahasiswi pastinya biar kalo mengisi KRS tidak antri dan rebutan-rebutan lagi. Semangat 😉

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*