Waspada, Kejahatan “Skimming” Mengintai Kartu Bank Anda!

Assalaamu’alaikum wrwb..

Kali ini kita bahas salah satu kejahatan yang menjadi modus baru dalam dunia per-ATM-an 😀 , yaitu skimming. Semoga bermanfaat dan menjadi informasi yang sangat membantu agar terhindar dari kejahatan ini.

Apa itu skimming?

Skimming adalah tindakan pencurian informasi kartu baik debit maupun kredit. Caranya dengan menyalin informasi yang terdapat pada strip magnetik kartu. Strip magnetik kartu adalah garis lebar hitam yang terletak di bagian belakang kartu yang merupakan tempat tersimpannya informasi mengenai kartu tersebut.

Cara kerja modus skimming

Kabar ini menjadi sangat penting diperhatikan agar kita lebih berhati-hati ya.

Modus Kejahatan SkimmingProses skimming dilakukan menggunakan alat skimming atau biasa disebut skimmer yang ditempelkan pada slot kartu di mesin ATM. Skimmer ini biasa dibuat menyerupai bentuk mulut slot kartu ATM, sehingga sekilas terlihat sama. Saat kartu dimasukan ke ATM dan melalui skimmer maka data yang ada di magnetik kartu akan direkam oleh alat skimmer itu. Selanjutnya, spy camera yang diletakkan pelaku secara tersembunyi akan merekam saat kita memasukkan PIN-mu di keyboard mesin ATM.

Kalau data sudah didapatkan oleh pelaku, mereka bisa langsung menduplikat kartu ATM dengan data yang telah didapatkan tadi ke kartu lain yang masih kosong. Nah selajutnya pelaku bisa menggunakan kartu duplikat tersebut di ATM seolah-olah kartu asli, dan seakan-akan kitalah yang menggunakan kartu tersebut. Sedangkan PIN yang digunakan adalah hasil yang didapatkan melalui rekaman spy camera yang diletakkan pelaku di ruang ATM.

Cara mencegah dan menangani skimming

Tips dan trik berikut semoga bisa membantu meminimalikan terjadinya skimming kepada kita.

  • Tutupi keyboard saat memasukan PIN. Ini perlu dibiasakan ya. Hal ini mencegah pelaku mengetahui PIN ATM melalui rekaman spy camera. Selain di mesin ATM, biasakan juga untuk menutupkan tangan saat memasukan PIN di mesin EDC ataupun di tempat lain.
  • Periksa mesin ATM yang akan digunakan sebelum memasukkan kartu. Apabila terlihat ada benda atau alat mencurigakan, sebaiknya jangan menggunakan mesin ATM tersebut dan usahakan untuk melaporkannya ke kantor cabang bank terdekat milik ATM tersebut untuk mencegah korban dan tindak kejahatan skimming ini.Mencegah kejahatan skimming
  • Perhatikan lokasi mesin ATM, karena pelaku biasanya lebih mengincar ATM yang berlokasi di daerah yang sepi dan yang tidak diawasi dengan ketat. Maka, sebaiknya pastikan ATM yang gunakan diawasi oleh CCTV dan berlokasi di tempat yang aman.
  • Ganti PIN secara berkala, untuk mencegah pelaku membobol ATM.
  • Ganti kartu menjadi kartu magnetik menjadi berbasis chip. Modus skimming mengambil data dari strip magnetik kartu, dengan menggunakan kartu berbasis chip maka kamu akan lebih terlindungi dari modus skimming ini. Kartu berbasis chip lebih aman karena data yang berada dalam chip terenkripsi sehingga tidak dapat dibaca saat kartu melalui skimmer.

Satu hal lagi sangat penting, selalu periksa transaksi yang terjadi di rekening kita. Apabila terdapat transaksi yang mencurigakan dari rekening, segera saja laporkan ke bank yang bersangkutan untuk diperiksa dan ditindak lanjuti oleh pihak bank.

Oke, demikian sekedar tips untuk keamanan kita saat bertransaksi di mesin ATM. Sampai jumpa lagi…

gambar: bca.co.id

Related Posts

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*